Thursday 29 March 2012

Bekal Kesuksesan itu PD

Bekal kesuksesan adalah PD. Ini bukan Perang Dunia atau Pisang Denpasar, and such like that. PD itu Percaya Diri. Banyak orang yang kurang PD dengan kemampuan mereka dalam berkarya maupun dalam melakukan hal-hal lainnya. Menurut mereka, mereka ga mampu untuk melakukan hal-hal yang sulit, sehingga mereka ragu untuk mencoba hal-hal yang baru.


Manusia diciptakan Tuhan secara utuh. Kita dapat mensugesti pikiran kita sendiri. Bisa dibilang, kita adalah Raja dari pikiran kita sendiri. Maka itu, kita harus berusaha untuk berpikir positive dan menghindari berpikir negatif. Sebagai Raja yang baik, kita harus dapat mengontrol pikiran kita dan memilih respon dan keputusan yang positif, seburuk apapun keadaannya. Jangan pernah kita ucapkan 'Ah, gua ga bisa. Dia aja, dia kan juara kelas. Kenapa harus gua?'. Ini adalah pola pikir yang salah. Saat kita ditunjuk untuk melakukan sesuatu, kita harus optimis kalau kita bisa. Hasilnya akan menjadi pemikiran terakhir yang terpenting adalah kita berusaha terlebih dahulu. Banyak orang yang melewati berbagai kesempatan karena kurangnya percaya diri dan dengan alasan takut dan terlalu mendengar perkataan orang-orang bahwa kita tidak mampu. Yang tahu banyak tentang diri kita kan diri kita sendiri, untuk apa mendengar perkataan orang lain? Ya kan? Untuk mengalahkan semuanya, kita dapat melakukan satu hal, perkaya diri dengan ilmu. Jika ilmu kita banyak, kita takkan pernah takut lagi. So, wanna try something new?


Gua punya cerita. Beberapa bulan yang lalu, gua ditunjuk oleh kelas gua buat ikut loma Cici-Koko dalam rangka Chinese New Year Celebration di sekolah gua. Saat itu gua mikir simple, siapa yang mau dandanin gua? Gua ga bisa make-up. Gua ga bisa milih kostum yang cocok buat acara gitu. Secara, Ci-Ko related to fashion show. Awalnya gua nolak dan merengek-rengek ke wali kelas gua kalau gua gamau ikut. Tapi karena beberapa faktor such as, pemaksaan, ancaman, dan motivasi dari temen-temen gua, akhirnya gua pasrah dan ikut acara itu. Gua ikut perlombaan itu. Di babak pertama, gua dapet poin yang cukup memuaskan. Tapi di babak final, gua ga menang, dan saat acara itu selesai, juri bilang ke gua kalau gua cuma kurang satu hal, yaitu PD. Coba aja waktu itu gua PD, gua yakin gua bisa menang. Fashion show itu emang pengalaman pertama gua. Tapi gua ga pernah nyesel buat nyoba lomba itu. It gets me more experiences.


So, apakah kalian masih ga PD dengan kemampuan kalian? Manusia diciptakan untuk menang, buka untuk kalah. Maknai setiap kejadian dengan baik, dan percaya dirilah dalam melakukan segala sesuatunya untuk memperoleh hasil yang maksimal!

No comments:

Post a Comment