Saturday 1 February 2014

Kenali Medan Pendakian & Siapkan Perbekalan Anda, kemudian Melangkahlah Dengan Pasti!

Okay, akhirnya saya kembali lagi dengan tiga sub bab lanjutan dari buku yang berjudul "Go to the higher level". Sub bab kedua menjelaskan mengenai pengenalan akan medan pendakian kita, sub bab ketiga adalah mengenai persiapan setelah kita mengenali medan daki, dan sub bab keempat mengenai kepercayaan diri untuk melangkah lebih maju.
Alasan saya untuk menggabungkan tiga sub bab ini menjadi satu karena sub bab ini saling menghubungkan satu dengan yang lainnya.

"Apabila Anda ingin mencapai puncak karier atau ingin menggapai level yang lebih tinggi di perusahaan dimana anda bekerja, maka anda harus mengenal atau mengetahhui banyak hal tentang perusahaan tersebut." - Ronny Siagian

Pertama-tama, kita harus mengenali banyak hal mengenai tempat kita akan melanjutkan sekolah, tempat kita bekerja, dan masih banyak lagi. Jika kita sudah mengenalinya, akan mudah bagi kita untuk beradaptasi dengan lingkungan tersebut. Dan dengan begitu kita akan mudah untuk mengatur strategi yang akan kita gunakan sebagai salah satu langkah menuju kesuksesan kita. 
Kedua, setiap instansi pasti memiliki visi misi dan budaya nya sendiri, kita harus dapat melebur dan akrab dengan hal-hal tersebut agar anda pun dapat bekerja dengan baik. Selain itu, milikilah struktur organisasinya agar kita termotivasi untuk berada pada posisi yang lebih tinggi dan tidak mudah patah semangat. 
Yang terakhir, anggaplah sebuah promosi jabatan sebagai kesempatan yang tidak boleh ditolak jika kita ingin terus maju. Jika kita ditawari sebuah promosi jabatan, pasti kita memiliki sebuah skill atau kemampuan yang membuat orang yakin untuk menaikkan posisi kita dalam sebuah struktur organisasi.
Setelah anda mengenali lingkungan dan medan pendakian anda, saatnya anda mempelajari dan menambah wawasan anda. Karena seorang pendaki professional pun butuh mempelajari mengenai lingkungan, suhu, dan jalur yang ingin mereka gunakan untuk sampai pada puncak pendakian mereka. Begitupun dengan kita, wawasan yang luas sangat dibutuhkan agar kita tidak dikategorikan sebagai orang kuno yang ngga update tentang perkembangan masa kini. Dan jika kita memiliki sebuah keahlian, jangan pernah berhenti untuk mengembangkan keahlian yang kita miliki terus menerus, dalam buku seven habits poin ketujuh dijelaskan bahwa kita harus terus mengasah gergaji agar tidak tumpul.  Hitopadesa mengatakan bahwa pengetahuan adalah harta yang paling berharga karena tidak dapat dicuri, dihancurkan, dan tidak dapat diperjual belikan.

"Kesadaran bahwa tidak ada sesuatu yang final di dunia ini, dan ternyata anda harus terus belajar, karena tidak mungkin anda bisa tahu semua, akan membuka kesuksesan lebih besar lagi dalam hidup anda." - Ralp Lynn

Jangan pernah bosan untuk membaca buku, karena buku adalah sumber wawasan kita, atau jika kita merasa malas untuk membaca buku, manfaatkan lah teknologi internet terutama google search untuk mencari hal-hal yang perlu dan penting untuk kita ketahui. Selain itu belajarlah dari pengalaman orang lain, karena pengalaman adalah guru terbaik kita. Dan terakhir, jangan pernah takut atau malu untuk melanjutkan sekolah atau pendidikan lagi, karena pendidikan tidak terbatas pada umur.
Mengapa kita harus kurang percaya diri jjika kita telah mengenali medan daki kita? Atau kita telah mempersiapkan perbekalan kita? Pasti masih banyak alasan yang muncul di benak anda, diantaranya :

  • latar belakang pendidikan yang kurang
  • penampilan
  • pengalaman/merasa tidak punya pengalaman
  • umur yang masih terlalu muda atau tua
Kita harus mengembangkan rasa percaya diri kita jika kita ingin menjadi pribadi yang sukses, yang terus naik ke level selanjutnya, dengan cara :
  • Fokus pada kelebihan
  • positive thinking
  • berani menghadapi resiko
  • menetapkan tujuan yang realistis
  • dan katakanlah, "Yes I can do it!"
Kita harus berani mengambil keputusan dan melangkah ke depan, melakukan apa yang kita sukai dan apa yang ingin kita lakukan agar semua orang, bahkan diri kita sendiri akan terheran-heran melihat progress apa yang telah kita capai. Jika kita sudah mempersiapkan dan mengenali segalanya, bukanlah sebuah hambatan bagi kita untuk melangkah maju ke depan, asal hati dan pikiran kita berintegritas dan yakin akan kemampuan diri kita sendiri.
"Kesempatan Anda untuk sukses di setiap kondisi selalu dapat diukur, oleh seberapa besar kepercayaan anda pada diri sendiri." - Robert Coller

No comments:

Post a Comment