Friday 6 April 2012

Asal Mula Sembahyang Cheng Beng


Dalam masyarakat Tionghoa, sembahyang Cheng Beng adalah ibadah yang paling baik dari semua sembahyang adat-istiadat Tionghoa. Sembahyang Cheng Beng, dilakukan untuk menghormati leluhur dan keluarga yang telah meninggal serta mendoakan mereka yang meninggal meskipun bukan keluarganya sendiri.

Pada hari sembahyang cheng Beng, warga Tionghoa selalu berusaha mendatangi makam leluhurnya untuk sembahyang. Prosesi sembahyang yaitu membakar dupa, duduk bersila sambil berdoa. Dalam berdoa tidak di tentukan bacaannya, tetapi tergantung permintaannya. Pada umumnya dalam berdoa, minta diberi keselamatan dan rejeki bagus dalam hidupnya.

Adapun asal mula sembahyang Cheng Beng ini, memiliki sebuah kisah dan pelajaran yang sangat berharga bagi kita. Di kisahkan pada jaman dinasti Ming, ada seorang anak bernama Cu Guan Ciong (Zhu Yuan Zhang, pendiri dinasti Ming). Cu Guan Ciong berasal dari keluarga yang miskin. Dalam membesarkan dan mendidik Cu Guan Ciong, orang tuanya meminta bantuan pada sebuah kuil.

Semakin dewasa Cu Guan Ciong semakin menjadi baik, hingga pada akhirnya menjadi seorang kaisar. Setelah Cu Guan Ciong menjadi kaisar, beliau pulang ke desa untuk bertemu dengan ortunya. Namun ortunya telah meninggal dan tidak di ketahui makamnya.

Untuk mengetahui keberadaan makam orang tuanya, kaisar menitahkan agar rakyatnya berziarah dan membersihkan makam leluhurnya masing-masing pada hari yang telah di tentukan (tanggal 5 April).

Kaisar juga menitahkan agar di atas makam di beri tanda kertas berwarna kuning. Setelah rakyatnya selesai berziarah, kaisar menemukan makam-makam yang belum di bersihkan dan di beri tanda. Lalu kaisar menziarahinya dan menganggap salah satu dari makam tersebut adalah makam ortunya.

Sejak saat itu masyarakat Tionghoa senantiasa melakukan adat-istiadat sembahyang Cheng Beng hingga kini. Dimana inti atau makna sembahyang Cheng adalah menghormati serta berbakti kepada orang tua adalah budi perkerti yang paling utama,yang hrs dilakukan seorg anak terhadap ortunya.

Mari para etnis Tiong Hoa, budayakanlah budaya Cheng Beng ini, karena ini merupakan budaya yang baik. Hormatilah orang tuamu selagi mereka masih bersamamu, dan hargailah jasa-jasa dan pengorbanan mereka saat mereka telah tiada.

Inspired by Darmalim Group.

No comments:

Post a Comment