Sunday 20 October 2013

Inspirational Quotes

"Hidup ini paling membahagiakan ketika Anda dibutuhkan oleh orang lain dan dapat berbuat sesuatu untuk mereka." - Master Cheng Yen

Quotes diatas udah menjelaskan dengan sangat jelas bahwa kita harus saling menolong satu dengan yang lain. Tetapi banyak pikiran yang terlintas saat kita membaca kutipan diatas. Yaa..kutipan diatas gua ambil dari buku yang udah sering gua baca, judulnya Sanubari Teduh Jilid Dua. Buku ini berisi Dharma atau ajaran-ajaran Buddha yang dituliskan oleh Master Cheng Yen, pendiri Yayasan Buddha Tzu Chi.
Dari kutipan yang gua ambil diatas, gua merasa harus dibahas dengan berbagai alasan. Membantu orang memang bukanlah hal yang salah, tetapi ada pro dan kontra nya juga. Misalnya sebagai berikut :

  1. Saat kita membantu, kita mendapat pahala karena kita berbuat kebajikan. Tetapi banyak orang yang kemudian menganut hal ini sebagai doktrin bahwa untuk mendapat pahala di surga nanti kita harus berbuat baik. Hal ini dapat berujung pada kemunafikan atau hanya sekadar formalitas.
  2. Saat kita membantu orang lain, kita cenderung berharap untuk mendapatkan timbal balik. Semua orang kebanyakan berpikir bahwa ketika kita ingin ditolong atau dibantu oleh orang lain, hendaknya kita membantu mereka dahulu sebelum kita meminta. Agar orang yang kita mintai tolong tersebut enggan untuk menolak.
  3. Ada juga orang yang sama sekali tidak mau membantu dengan berbagai alasan. Misalnya karena menurut mereka hal itu tidak penting atau tidak ada gunanya. Atau mereka berpikir bahwa mereka saja belum becus mengurusi kehidupan mereka, jadi untuk apa sok jadi pahlawan untuk membantu orang lain.
  4. Ada juga orang yang berbuat baik karena merasa hidup mereka tinggal sebentar lagi, sehingga mereka harus berbuat baik demi masuk surga.

Dari pernyataan-pernyataan diatas yang saya buat dan analisis saya, saya menyimpulkan bahwa membantu orang lain hendaklah sukarela dan dengan lapang dada. Karena dengan membantu orang kita dapat mendapatkan hasil atau buahnya tanpa harus meminta dan jika kita membutuhkan pertolongan, pasti akan ada banyak orang yang akan menolong.
Saya juga bukanlah orang yang suka menolong semua orang, saya hanya mencoba berusaha untuk menolong beberapa orang. Mulailah menolong orang-orang terdekat kita, karena saya sendiri juga sudah merasakan dampak dari menolong dan saling memperdulikan satu dengan yang lainnya. Tanpa kita harus meminta, kita pun di tolong oleh orang lain.

"Helping is great. Helping is investation. By helping others, it helps ourselves." - @ViDarmalim

No comments:

Post a Comment