Saturday 19 October 2013

From the toughest to the happiest~

Beberapa hari yang lalu, tepatnya tanggal 16-18 Oktober gue ikut retreat dari sekolah gua. Sebenarnya yang gua dapetin bukan kesan mengenai ke-Tuhan-an nya. Tetapi tentang makna kehidupannya.
Retreat kali ini gua ditemenin sama Wali Kelas kelas IPS, nah gua jd pengen kan punya wali kelas kayak dia-- jadi begini..berhubung gua dan dia sama-sama orang yang non kristen alias buddha, kami jadinya bercerita tentang banyak hal. Ga maksud untuk ga menghargai, kami hanya berkomentar dan memberi masukkan aja tentang setiap sesi melalui pola pikir dan cara pandang kami. Selain itu kami juga membahas kembali tentang sesi-sesi yang ada di dalam kegiatan itu.
Hari pertama gua sama sekali ga enjoy dengan kegiatan retreat itu. Ngeliat tempatnya aja kurang tertarik. Eh hape disita pula. Gua makin bosen dan akhirnya gua bengong dan meratapi hidup gua. Ga lama kemudia akhirnya gua nangis di dalam kebosenan dan kebeteannya gua. Tetapi ga lama kemudian akhirnya gua dihibur Pa Chandra. Ya mungkin cuma dia yang mengerti keadaan gua selama retreat. Di dalam setiap sesi retreat  itu dia selalu nemenin gua. Duduknya ga jauh jauh dari gua, bisa di bilang sebelahan tapi dipisahkan satu orang. Selain itu di tengah kebetean gua, Evans dan Samuel nemenin gua dan mencoba menghibur gua. Hiburannya ga directly gitu sih, tapi dengan isengin gua, dengan becandain gua dan berbuat idiot di depan gua itu udah cukup menghibura gua dan gua bahkan lupa kalau gua lagi bete. Dan pada akhirnya malam pun tiba, dan ternyata bujukan gua ke guru gua untuk balikin hape pas malem dikasih. Hape dibalikin dan gua telfonan dan cerita sama ade gua. Terus gua whatsapp-an sama temen-temen gua. Ada ade kelas, ada anak atha, ada juga kaka kelas alumni yang udah bener-bener kayak koko gua sendiri. Dan bahkan orang yang ikut retreat aja whatsapp an juga sama gue-..-dan pada akhirnya gua ga bisa tidur sampe jam 2 pagi keesokan harinya.
Gua bangun jam 5 pagi dan sama sekali ga ngerasain ngantuk seharian. Ikut saat teduh masih have fun sama evans samuel. Ikut sesi masih woles sama Pa Chandra. Ikut outbound dengan sedikit ga mood dan akhirnya dimanjain Pa Chandra (?) gua udh berasa kayak anaknya sendiri dan gua nyaman untuk cerita bareng dia, untuk minta tolong dan juga nyusahin dia. Enjoyable banget. Gua pengen punya guru kayak dia. Dan bersyukurnya pada saat outbound itu guru pendamping gua Pa Chandra! BA-HA-GI-A~ dia bener-bener membantu gua dan sangat memanjakan gua wuakaka gimana engga? Kacamata basah dia yang lap-in, terus rambut kotor dia yang iketin lagi pada saat tangan gua udah berlumuran dengan lumpur bekas outbound. Pokoknya dia yang selalu nolongin gua.
Ga cuma itu, acara outbound yang diadakan dalam kegiatan retreat ini sangatlah berbeda dengan acara sebelumnya. Dalam kegiatan ini, kami tidak hanya sekedar bermain dan bersenang-senang saja, tetapi dalam setiap permainan yang kami mainkan, kami diajarkan untuk merefleksikannya kembali agar kami dapat memaknai segalanya. Ada empat acara penting dalam outbound, seperti :

1. Pos I (Kak Danny)
Di pos ini kami harus menyebrangi lumpur yang sangat basah dan kotor dengan berbagai situasi. Beberapa dari kami tangannya diikat, beberapa lagi kakinya terikat dan ada juga yang matanya tertutup. Kami harus menyebrangi tantangan itu dan terlihat sangat menjijikan. Tapi meskipun begitu, kami belajar bahwa untuk mencapai kesuksesan, seperti Yesus yang berkorban demi menebus dosa manusia.

2. Pos II (Kak Burhan)
Di pos ini kami belajar untuk bekerja sama, jujur, dan focus pada tujuan kita. Meskipun banyak yang membebani kita dan menjadi penghalang dalam hidup kita dalam mencapai sebuah tujuan, kita harus tetap focus. Karena semakin tinggi tujuan yang ingin kita capai, semakin banyak halangan yang terjadi. Dan jika kita ingin sukses, kita pasti mengandalkan orang lain juga, tidak mungkin sendirian.

3. Pos III (Kak Xiao Long)
Di pos ini kami belajar untuk bekerja sama dan bersama-sama menutup celah dan lubang yang diumpamakan sebagai masalah dalam hidup manusia. Jika kita menyelesaikan masalah yang besar sendirian itu akan menjadi hal yang sulit bagi kita untuk diselesaikan sendiri, kita dapat meminta tolong teman kita yang lain untuk membantu agar dapat bersama-sama menyelesaikannya dan mencapai kesuksesan.

4. Pos IV (Kak Leonard)
Di pos ini kami berusaha memecahkan masalah dari clue yang telah diberikan. Clue nya adalah :
  1. Langkah pertama tidak pernah salah
  2. Sejarah itu penting, masa lalu adalah modal utama
  3. Lakukan langkah yang sama secara berulang dan konsisten
Clue yang diberikan ini pun sekaligus sebagai pelajaran bagi kami semua. Yaitu apapun langkah yang kita ambil harus kita lanjutkan kembali. Kita tidak pernah salah lahir di keluarga yang kaya maupun yang miskin. Kita hanya perlu belajar dari sejarah yang ada, dan mengisi kembali sejarah dan masa lalu itu dengan hal-hal yang semakin baik setiap harinya.

Sayangnya setelah outbound yang menyenangkan itu gua jadi lemes karena migran. Jadinya gua tiduran dulu deh. Beberapa menit yang cukup melegakan. Gua seneng hari itu bisa berjalan cepat karena banyak games. Tapi gua migran-- lemes deh. Akhirnya gua tiduran karena gua kecapean~ yaudah deh akhirnya gua duduk-duduk dan tiduran. Udah agak enakan baru ikut sesi lagi. Setelah semaleman kelar akhirnya kita duduk duduk liatin api unggun dan gua telfonan sama temen gua selama se-jam lebih. Gua cerita banyak dan begitu juga dia. Ya lumayan lah nunggu sampe gua ngantuk dan lelah, dan akhirnya tidur. Malem itu gua tidur super nyenyak.

Keesokan harinya gua pun bangun dengan terpaksa karena masih ngantuk dan masih pengeenn banget buat tidur. Akhirnya kita laluin saat teduh bersama dan akhirnya kita bersiap-siap untuk ke air terjun curug. Lumayan bagus tapi sayangnya sempit. Ga sebagus yang di gunung gede. Tapi akhirnya gue foto-foto sama kaka pembinanya kecuali Ka Burhan karena dia ada di seberang air terjunnya XD

nah ini dia ka danny (yang tattoo-an), ka xiao long (yang diatas gue), ka toni (yang gendut kepala naik), ka leo (baju putih di depan)

Dan akhirnya gua pun pulang dengan terkapar dan akhirnya ketiduran di bus :3 pulang ke rumah mandi makan, nyuci baju, beresin buku, dan akhirnya kerjain laporan~

No comments:

Post a Comment